Materi PAI Kelas 3 Semester Ganjil BAB III

BAB III Sikap dan Perilaku Terpuji

A. Percaya Diri
     1. Arti Percaya Diri Percaya diri artinya yakin terhadap kemampuan diri sendiri. Jika diberi tugas, orang yang percaya diri akan segera mengerjakannya. Ia tidak mudah mengeluh. Ia tidak sibuk mencari-cari bantuan. Orang yang percaya diri biasanya juga mempunyai sikap mandiri. Ia tidak tergantung kepada orang lain. Ia hanya bergantung dan pasrah kepada Allah Swt setelah ia berusaha dengan sungguh-sungguh. 

         Misalnya, pada waktu belajar di kelas, tiba-tiba bapak atau ibu guru menyuruh kamu ke depan kelas. Kamu lalu ditanya, dan tidak ragu-ragu menjawab semua pertanyaan bapak atau Ibu guru. Ini berarti kamu telah memiliki sikap percaya diri. Sikap percaya diri dapat diperoleh bila kita rajin belajar. Bila kamu belajar lebih dahulu sebelum belajar bersama bapak atau ibu guru di sekolah, maka kamu akan mampu mengerjakan tugas-tugas dari bapak atau ibu guru kamu. Inilah yang disebut siap siaga. Siap siaga sangat dibutuhkan agar kita memiliki rasa percaya diri. Di samping berusaha sendiri untuk memperoleh sikap percaya diri, kamu juga tidak lupa untuk berdoa kepada Allah. Agar diberi-Nya sifat mulia itu. Seperti yang pernah dilakukan Nabi Musa As. Pada waktu itu, Nabi Musa As mendapat perintah dari Allah agar pergi menghadap Raja Fir’aun. Saat itu kekejaman dan kesombongan Fir’aun sudah sangat keterlaluan. Bahkan, ia mengaku sebagai tuhan. Nabi Musa As diperintah Allah Swt untuk menyadarkan Fir’aun dari perilaku buruknya itu.

    2. Keuntungan Bersikap Percaya Diri 

        Sikap percaya diri merupakan salah satu sikap terpuji. Bila sudah memiliki sikap ini, kita akan dapat memperoleh beberapa sikap terpuji lainnya. Itulah untungnya bila kita bersikap percaya diri. Adapun keuntungan dari sikap percaya diri adalah sebagai berikut:
a. Tidak bergantung kepada orang lain, 
b. Bersikap mandiri,
c. Mempunyai keberanian,
d. Dapat mengerjakan tugas dengan baik, 
e. Tidak mudah ragu-ragu, 
f. Bersikap jujur

B. Tekun
C. Hemat



Untuk materi lebih lengkap materi kelas 3 Semester ganjil BAB III bisa di download Disini.

Share:

0 komentar