Materi PAI Kelas 3 Semester Genap BAB VIII

BAB VIII. Melakukan Salat Fardu





A. Arti Salat 
     Menurut kamus bahasa Arab, salat berarti doa. Sedangkan menurut istilah dalam fikih, yang dimaksud dengan salat adalah ibadah yang tersusun dari beberapa gerakan dan bacaan, dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Salat sangat besar manfaatnya bagi kehidupan kita. Allah Swt berfirman :


Artinya:”Dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar”. (Q.S. Al-Ankabut, 29 : 45)
     Apabila salat dilaksanakan dengan benar, kita tidak akan sampai melakukan perbuatan keji dan mungkar. Kita akan menjadi orang yang terpuji dan tidak durhaka. Oleh karena itu, kita harus rajin salat dengan cara yang sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya. Kita harus mengetahui bagaimana gerakan dan bacaan serta keserasiannya dalam salat.

B. Menyebutkan Salat Fardu
    Salat fardu adalah salat yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang sudah balig atau dewasa, kira-kira bila telah berusia 15 tahun. Tetapi ada pula yang baru berusia 10 tahun sudah wajib salat. Biasanya ini dialami oleh anak perempuan. Walaupun belum balig, kita tetap harus melaksanakan salat. 120 Pendidikan Agama Islam 3 SD Kelas III Tujuannya, agar kelak bila sudah balig, kita telah terbiasa dan tidak merasa berat lagi melaksanakan shalat. Bila telah dewasa, kita tidak boleh meninggalkan salat fardu. Sebab bila salat fardu ditinggalkan, kita berdosa dan akan mendapatkan siksa. Bila salat dilaksanakan kita akan mendapatkan pahala.
    Salat fardu terdiri atas salat Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isa. Selain salat fardu, ada pula shalat sunah. Salat sunah adalah salat yang bila dikerjakan kita akan mendapatkan pahala dan bila ditinggalkan tidak apa-apa. Yang termasuk salat sunah misalnya salat rawatib. Salat rawatib adalah salat yang mengiringi salat fardu.

Untuk materi lebih lengkap materi kelas 3 Semester genap BAB VIII bisa di download disini.

Share:

0 komentar