Materi PAI Kelas 3 Semester Ganjil BAB II

BAB II. Sifat Wajib Allah



A. Lima Sifat Wajib Allah Swt 
     Sifat wajib Allah artinya sifat yang pasti dimiliki oleh Allah. Ada yang berpendapat sifat wajib Allah itu sebanyak dua puluh. Ada juga yang menyatakan, sifat wajib Allah ada tiga belas. Yaitu, Wujud, Qidam, Baqa, Mukhalafatu lil-hawaditsi, Qiyamuhu binafsihi, Wahdaniyat, Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat, Sama’, Bahsar, dan Kalam. 
     Pada bab ini hanya dipelajari lima sifat wajib Allah. Yaitu, Wujud, Bashar, Qudrat, Qiyamuhu binafsihi, dan Ilmu. Sifat yang lain bukan berarti tidak penting. Sifat Allah penting dan wajib diketahui. 
     Sifat-sifat Allah itu perlu kita ketahui agar kita dapat mengenal-Nya. Selain itu, kita juga dapat mengetahui Allah melalui berbagai ciptaannya. Misalnya bumi, bulan, matahari, pohon, air, udara, dan binatang. Siapa yang dapat membuat matahari dan bulan jika bukan Allah? Allah berkuasa menciptakan segala sesuatu, termasuk menciptakan diri kita.

B. Arti Lima Sifat Wajib Allah 
    1. Wujud 
        Wujud artinya ada. Allah bersifat Wujud berarti Allah itu ada. Tetapi, keberadaan Allah tanpa ada yang menciptakan-Nya. Keberadaan Allah juga tak dapat kita ketahui secara langsung. Nabi Musa pun tidak kuat ketika Allah menampakkan sedikit kekuasaan-Nya. Allah berkata kepada Musa, kalau ia ingin melihat Allah, sebaiknya lihat saja gunung yang ada di depannya itu. Bila gunung itu tetap pada tempatnya maka ia akan mampu melihat Allah. Tetapi, tiba-tiba gunung itu hancur lebur. Nabi Musa pun pingsan seketika. Tak ada satu pun manusia di dunia ini yang mampu melihat Allah. Kita baru dapat melihat wujud Allah nanti di surga.
    2. Bashar
    3. Qudrat
    4. Mukhalafatulillhawaditsi
    5. Qiyamuhu Binafsihi

Untuk materi lebih lengkap materi kelas 3 Semester ganjil BAB II bisa di download disini.

Share:

0 komentar